Jumat, 13 Juli 2012

Tanaman Kesambi


 
 Kutu di kepala mengganggu ketenangan. Kutu loncat, pernah terkenal sebagai hama tanaman lantoro, kutu apapun namanya diasosiasikan akan mengganggu. Lain halnya dengan kutu yang satu ini. Kalau seekor tak berguna tetapi dalam jumlah banyak menjadi andalan. Di India menjadi sumber pendapatan negara, sehingga India terkenal dengan penghasil produk yang berasal dari kutu ini. Kutu yang jauh lebih kecil dari kutu ayam, dikenal dengan nama kutu lak (Leccifer lacca, Kerr). Sungguh banyak orang tidak percaya bahwa kutu sekecil itu mampu mendukung perekonomian suatu bangsa.
Kutu lak tidak dapat hidup pada manusia atau hewan tetapi hidup menumpang pada tanaman inangnya. Namun tidak semua tanaman dia senangi. Kutu ini hanya setia pada kekasinya yang hanya satu-satunya pohon yang paling cocok dijadikan tempat hidupnya. Tanaman itu ada disekitar kita, namun sudah mulai langkah. Tanaman itu kita kenal dengan nama ”Kesambi”. 

Kesambi dengan nama latin (Schleichera oleosa, Merr) termasuk salah satu tumbuhan hutan yang beradapsi lokal, bermanfaat serbaguna (multi purpose) dan bernilai ekonomis dan sangat potensial. Buah pohon kesambi digemari oleh manusia, binatang dan burung. Oleh karena itu pohon kesambi dapat menjadi alternatif tanaman unggulan di dalam dan di luar kawasan hutan. Pada sisi lain pohon kesambi di Sulawesi Selatan mempunyai sejarah tentang manfaat penting kesambi pada masa kerjaan Sultan Hasanuddin. Dengan demikian pohon kesambi perlu dikembangkan karena selain serba guna, bersejarah, juga supaya tidak menjadi tanaman langka. 

Kesambi dengan nama latin Schlechera Oleosa MERR termasuk keluarga tanaman Sapindaceae. Di beberapa daerah dikenal dengan nama Kesambi (Sunda), kesambi (Jawa), Kesamb, Kusambi, Sambi (Madura), Sambi (Bima, Sumba), Bado (Makassar) , Ading (Bugis Kesambi tergolong pohon yang tingginya dapat mencapai 15 hingga 40 m dengan diameter batang antara 60-175 cm. 

Di Indonesia ditemukan 2 (dua) jenis kesambi, yaitu kesambi kerikil dan kesambi kebo/kerbau. Ciri khas perbedaannya terletak pada daun dan kulit batang. Jenis kerikil mempunyai daun yang lebih kecil dan memanjang. Bentuk percabangan liar, dan kulitnya tipis dibandingkan dengan jenis kebo. Sedangkan kesambi jenis kerbau memiliki daun yang melebar pada ujungnya dan kulit kayu yang lebih tebal. Bentuk percabangan teratur dan tegak lurus ke atas. Tumbuhan ini tersebar di seluruh Asia Tenggara dan di Indonesia dapat ditemukan pada ketinggian nol s.d. 1200 m dari permukaan laut. Salah satu indikator pertumbuhan kesambi adalah jati. Pada wilayah yang ditumbuhi jati secara liar biasanya diikuti pula pertumbuhan kesambi. Artinya dimana ada jati yang tumbuh liar biasanya tanaman kesambi juga dapat tumbuh baik. Di Jawa, tanaman kesambi digunakan sebagai tanaman pengisi (sekat bakar) dalam hutan tamanan jati. 

Kayu kesambi mempunyai struktur padat, rapat, kusut sangat keras dan lebih berat dari kayu besi. Karena itu apabila dapat mencapai umur yang lebih matang, kayunya berubah warna dari warna merah muda menjadi warna kelabu dan tidak berurat. Oleh karena itu dahulu lebih banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jangkar untuk perahu kecil. Bahkan di Kabupaten Bulukumba, kayu kesambi merupakan bahan dasar untuk membuat perahu. Kesambi sebagai sumber kayu bakar potensial. 

Selain itu, kayu kesambi sangat kuat dan keras. Namun demikian salah satu kelamahan dari kayu kesambi adalah tergolong kurang awet , tetapi sangat unggul sebagai kayu bakar dan pembuatan arang. Arang dari kayu kesambi sangat cocok untuk pembakaran dan bahkan lebih baik dari pada arang kayu jati dan kayu asam. Oleh karena itu, penanaman kesambi untuk produksi kayu bakar perlu dikembangkan terutama pada daerah pengembangan industri pembakaran dan wilayah yang sulit bahan bakar untuk rumah tangga. 

Kulit kayu kesambi dapat digunakan sebagai penyamak kulit. Menurut hasil penelitian, dalam analisis kimia kulit kesambi ditemukan 6,1-14,3 % zat penyamak. Bahkan dahulu orang Bali dan Madura menggunakan kulit kesambi sebagai obat kulit yang sangat manjur, terutama terhadap penyakit kudis dan penyakit kulit lainnya. 

Sebagai inang kutu lak, kesambi berguna untuk tempat hidup dan menghisap makanan yang diambil pada bagian bawah kulit kayu. Diantara beberapa jenis tanaman yang dapat menjadi inang kutu lak, maka kulit kayu kesambi paling disenangi. 

Daun kesambi yang masih muda baik untuk dimakan sebagai sayur asam. Bahkan dapat dimakan mentah sebagai lalapan, walaupun rasanya agak sepat. Selanjutnya, dalam beberapa hal di Sulawesi Selatan, daun kering dari pohon kesambi dapat dibakar dan asapnya digunakan untuk pengobatan (pengasapan) penyakit kudis dan gatal-gatal. 

Buah yang masih hijau dapat dimakan dan diolah sebagai asinan. Buah yang sudah masak berwarna kuning atau kemerah-merahan yang dapat dijadikan buah meja dengan ciri rasa asam kemanis-manisan. Buah kesambi yang sudah masak sangat digemari oleh monyet dan burung, termasuk anak-anak. Dibeberapa daerah buah kesambi yang sudah masak dapat dibuat manisan. 

Biji kesambi dilapisi dan diselimuti oleh kulit yang berwarna coklat. bentuknya bulat panjang dengan ukuran antara 6-14 mm. Mudah pecah dan daging bijinya mengandung 70 persen minyak sangat berguna sebagai bahan pembuatan minyak gosok. Minyak yang berasal dari biji kesambi sangat baik untuk mengonati penyakit dalam, kudis dan luka-luka. Dalam upaya pengembangan biodisel, biji kesambi dapat diolah menjadi minyak pelumas, pembuatan lilin, industri batik, dan bahan membuat sabun. Menurut beberapa hasil penelitian, kulit biji kesambi sangat cocok untuk pertumbuhan jagung lokal. 

Pada masa perjuangan, minyak kesambi terkenal dikalangan tentara Kraton Yokyakarta sebagai minyak gosok badan, dan disebut dengan minyak Makassar. Minyak ini dibawah oleh tentara Raja Gowa yang membantu kraton, yang dikenal dengan nama minyak nileo. Hail penelitian menyebutkan, minyak biji kesambi dapat pula diolah menjadi salep dan industri obat-obatan lainnya. 

Minyak dari biji kesambi biasanya diberi tambahan ramuan pengharum dan dijadikan minyak gosok badan. Sangat berkhasiat dalam pengobatan penyakit punggung dan dada pada penderita batuk. Apabila digunakan sebagai minyak rambut maka dapat merangsang pertumbuhan rambut / anti botak. Oleh karena itu penelitian kearah pemanfaatan keasambi sebagai tanaman obat menjadi penting. 

Kesambi termasuk tanaman yang mempunyai sifat toleran terhadap tumbuhan / tanaman lainnya. Dalam pengembangan tanaman jati, kesambi merupakan pasangan yang paling ideal. Bahkan dalam berbagai literatur dikemukakan bahwa pada umumnya dimana ada pertumbuhan jati secara alami / liar disitu pasti terdapat kesambi yang dapat tumbuh dengan baik. Selain toleran terhadap sesama pepohonan, kesambi dapat berasosiasi dengan tanaman hortikultura, antara lain jagung dan kacang-kacangan. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa bungkil/kulit biji kesambi sangat cocok dimanfaatkan sebagai pupuk pada tanaman jagung. Dengan demikian pemanfaatan ruang tumbuh sekitar tanaman kesambi dapat dimamfaatkan untuk tanaman pangan dan obat-obatan, sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Betapa besar manfaat dan begitu banyak kegunaan pohon kesambi tersebut, menunjukkan bahwa pohon kesambi sangat penting dan perlu dikembangkan melalui budidaya. Kawasan hutan produksi yang tidak produktif dan lahan kritis di luar kawasan hutan dapat ditanami kesambi. Mudah tumbuh, tahan kekeringan dan bahkan panas api, rindang dan bertunas banyak sepanjang tahun. Manfaat dan kegunaan pohon ini akan dapat menjadi sumber kehidupan masyarakat dan sumber pandapatan bagi suatu daerah. Bersama kesambi usaha tani lain dapat dikembangkan. Dan manfaat utama dari kesambi yang tidak dapat kita peroleh dari tanaman lainnya adalah sebagai tempat memelihara dan mengembangkan/menularkan (inang) kutu lak yang mempunyai nilai ekonomis tinggi di dalam dan di luar negeri. Pada umur 5-6 tahun, kesambi sudah dapat ditulari kutu lak. Kutu lak adalah kutu penghasil lak. Lak berguna antara lain sebagai bahan isolasi listrik, piringan hitam, tinta cetak, ampelas, semir, kapsul obat, pelitur dan cat serta berbagai manfaat lainnya. Produsen utama lak di dunia adalah India dan lak merupakan andalan devisa negara yang banyak menarik dollar. Bagaimana di Indonesia? Di Sulawesi Selatan saja, tanaman kesambi pernah tumbuh dimana-mana. Sungguh sangat terpuji bilamana pemerintah daerah memanfaatkan hutan produksi dan lahan kritis di luar kawasan hutan sebagai sasaran penanaman tanaman kesambi sebagai tahap awal pembangunan industri di bidang kehutanan. Kutu lak dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dan walaupun kutu, tetapi bila diberi kesempatan berkembang, akan mampu mendukung pengembangan ekonomi daerah. Adakah kesambi termasuk tanaman pilihan dalam Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GNRHL) ?. 

Tanaman ini tahan terhadap api dan kekeringan, dapat tumbuh di lahan kritis, tidak disenangi hewan dan rimbun sepanjang pertumbuhannya. Semoga pengembangan kutu lak dan tanaman kesambi yang potensial ini tidak dilupakan. 

Yandi Bachli : 

- Widyaiswara Madya pada Balai Diklat Kehutanan Makassar 
- Anggota Komda Sosial Forestry Provinsi Sulawesi - Selatan 
- Ketua Komite Pelestari Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi - Selatan.

35 komentar:

  1. bagaimana teknik persemaiannya, apakah sama dengan teknik kelengkeng, karna hapir mirip dengan buah kelengkeng.

    BalasHapus
  2. pengen psen kesambi merah..ada gak ya

    BalasHapus
  3. pengen psen kesambi merah..ada gak ya

    BalasHapus
  4. Saya butuh biji kesambi merah. Silahkan email ke alisasandhyapriatian@gmail.com

    BalasHapus
  5. Ada yg btuh buah.daun.ranting asli kesambi/kecacil warna coklat&agak kemerahan
    Hub no ini 081298922973 wilayah jatim sidoarjo
    Buah langka stock terbatas cuma ada 9buah aja.
    Bagi yg seriuz

    BalasHapus
  6. Ada yg btuh buah.daun.ranting asli kesambi/kecacil warna coklat&agak kemerahan
    Hub no ini 081298922973 wilayah jatim sidoarjo
    Buah langka stock terbatas cuma ada 9buah aja.
    Bagi yg seriuz

    BalasHapus
  7. Saya butuh kesambi merah/ kecacil merah kalo d jawa, ap ad ?

    BalasHapus
  8. Saya butuh kesambi merah/ kecacil merah kalo d jawa, ap ad ?

    BalasHapus
  9. Saya lagi butuh buah kesambi merah klo ada mohon info ke no 087862801449

    BalasHapus
  10. Saya butuh buah kesambi merah siapa yg pnya silakan hubgi nmer 085238130483 lgsung saya ambil gk perlu diantar

    BalasHapus
  11. Setahu saya hrganya selangit daerah sy msh bnyak tp blm sy cek warna buahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong di cek warnanya harganya berapa?
      lokasi dimana

      Hapus
  12. di lombok ada yg merah siapa yg mau bayak kok di samping rumah q

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh minta ni wa gan, kesambi merah bukn gan?

      Hapus
    2. Boleh minta kesambi merah nya gan

      Hapus
    3. Masih ada gak kesambih merahx

      Hapus
    4. Nomer yg bisa di hubungi bos,tolong ini no wa sy 085259523111 sy m Hardi loceret Nganjuk Jawa timur

      Hapus
  13. Butuh ....buah nya yang waran merah ...harga menyesuaikan.
    081383047448

    BalasHapus
  14. Di cari untuk di beli buah kesambi merah 081216796733

    BalasHapus
  15. Saya butuh buah kesambi merah dan buah pasru kalau ada mohon hubungi wa saya 081216796733, terima kasih

    BalasHapus
  16. Saya butuh cepat buah kesambi merah kalu ada silahkan hubungi saya 085719136380

    BalasHapus
  17. Saya mau dong kak ksambi merahnya klau ada

    BalasHapus
  18. Saya Butuh kesambi merah tlng hub 081289698397

    BalasHapus
  19. Saya butuh kecacil merah siapa yang punya tlong hbungi
    085649255785

    BalasHapus
  20. Saya mau beli buah kesambi daging merah apakah ada stok ya?

    BalasHapus
  21. Mohon info kalo ada yang jual kesambi merah

    BalasHapus